Peringati Hari Pramuka ke- 63 Tahun 2024


Hariantoday.com,MEDAN- 
Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara laksanakan Upacara peringatan Hari Pramuka ke- 63 Tahun 2024, di lapangan Astaka Dispora Sumut di Jl William Iskandar Medan, Sabtu 31/8/2024 .

Kegiatan ini diikuti sekitar tiga ribuan anggota Pramuka dari Kwartir Cabang Kota Medan, Deliserdang, Kota Binjai dan Langkat. Lain dari pada itu hadir juga para pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka se Sumatera Utara.


Sambutan Pj Gubernur Sumut, Dr Drs Agus Fatoni MSi, yang dibacakan Staff Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemrov Sumateta Utara Ir Muhammad Armand Effendy Pohan Msi, mengatakan  selaku Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, menyampaikan ucapan terimakasih, sekaligus memberikan apresiasi atas  kebersamaan dalam membangun bangsa dengan penuh dedikasi , memberikan kompetensi kepanduan yang baik dalam upaya pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka agar generasi muda memiliki kepribadian dan karakter yang baik, tangguh dan berdaya saing.

Peringatan Hari Pramuka yang ke- 63 pada tahun ini adalah momentum yang mengingatkan untuk memperkokoh persaudaraan dan perjuangan, dalam melahirkan pemimpin masa depan yang cerdas, baik secara mental, intelektual dan spiritual.


Dengan mengangkat tema “Pramuka Berjiwa Pancasila, Menjaga NKRI” merupakan sebuah panggilan bagaimana pentingnya nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara.”Pancasila bukan hanya sekadar semboyan tetapi merupakan pedoman hidup yang harus kita terjemahkan dalam tindakan nyata dalam keseharian sebagai warga negara dan anggota Pramuka,” ujar Pj Gubernur.

Pramuka memiliki tanggungjawab besar untuk menjaga dan memperkuat NKRI. “Dalam semangat Pancasila kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, keadilan dan kemanusiaan,”.Diharapkan, semua anggota Pramuka untuk senantiasa menggelorakan semangat bela negara dan semangat nasionalisme untuk membangun komitmen kebangsaan saat ini.Berkomitmen untuk bersatu, bahu membahu dan bekerja dengan pemerintah serta masyarakat secara umum untuk memberikan kontribusi yang konkret dan positif pada pembangunan yang dilakukan bersama pemerintah.


“Termasuk dalam berpartisipasi dan memberikan kontribusi pada pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional ke XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumut, untu dapat bersama-sama menjadi tuan rumah yang baik untuk mencapai target suksesnya penyelenggaraan, sukses prestasi hingga sukses adminitrasi,” tutup Pj Gubernur.

Acara dihadiri Ketua Kwarda Sumut H Nurdin Lubis SH MM dan seluruh unsur pengurus Kwarda Sumut, pengurus Kwarcab se Sumatera Utara. Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana, OK Zulkarnaen dan selanjutnya mengikuti tata upacara peringatan hari ulang tahun Pramuka ke 63. Dalam kegiatan ini juga ditampilkan berbagai penampilan tari dan pemberian tanda penghargaan bagi anggota dewasa Pramuka. (Har/Ah)


Posting Komentar

0 Komentar